Wujud Hactback Suzuki Terbaru Nongol di Dunia Maya

Suzuki India Siapkan Hatchback Terbaru – Suzuki memang punya dominasi pasar yang sangat luas di India dibanding di Indonesia. Tentu, dengan pasaran yang begitu besar maka pabrikan berlogo huruf “S” itu memiliki tujuan untuk menguasai seluruh segmen di Tanah Hindustan. Salah satu upaya yang dilakukan pabrikan asal Jepang ini yaitu dengan mengembangkan berbagai model baru, termasuk hatchback yang mana sangat dimungkinkan muncul tahun 2019.

Bukan kabar hoax tapi sebuah fakta yang dikutip dari Motoroctane pada Jumat (14/12/2018) yang mana menyebut jika model yang disebut Suzuki Alto 2019 ini mulai bocor dalam bentuk render. Dimana, banyak yang memprediksi jika hatchback ini tidak bakal mirip dengan model yang ada saat ini. Mobil ini diklaim bakal menjadi model yang benar-benar baru alias all-new.

Sedangkan di sisi lain, perlu untuk dicatat juga bahwa Suzuki Alto generasi saat ini juga dimungkinkan sekali segera menghilang dari peredaran pasar secara bertahap. Selain itu, model ini juga akan menyesuaikan dengan peraturan keselamatan di India yang baru.

Di satu sisi, kemungkinan besar nantinya model Suzuki Alto 2019 akan lebih besar dan lega dengan bekal mesin tangguh yang jauh lebih bertenaga. Meski bertenaga besar, diprediksi nantinya mesin baru ini akan tetap lebih hemat bahan bakar dengan fitur yang berlimpah.

Sementara itu, banyak yang berharap jika mobil kecil baru ini diharapkan menampilkan konsep desain crossover dengan kap datar yang mirip dengan model konsep. Konsep yang disebut Y1K ini pun disebut memiliki ground clearance yang tinggi dibandingkan dengan Alto.

Bahkan, Y1K disebut bakal menjadi crossover entry-level Suzuki. Y1K disebut akan menggantikan Alto K10, dan diprediksi akan menggunakan mesin 1L yang sama.

Kemudian, untuk soal perpindahan gigi maka Suzuki sendiri nantinya akan menerapkan pilihan transmisi dengan menggunakan sistem manual 5-percepatan sebagai standar dan kemungkinan juga dengan gearbox AMT. Lalu, untuk fitur keselamatan, dipastikan bakal dibekali dengan airbags, ABS dan EBD yang menjadi standar. Untuk membuktikannya pun, Y1K akan menjalani peraturan uji tabrak.

Jika memang kabar ini benar adanya maka jelas nantinya kehadiran mobil ini pun disebut untuk menantang Renault Kwid di segmen crossover entry-level.