Tahun 2020, Xpander Bakal Diproduksi di Vietnam

Selain Indonesia, Vietnam Juga Akan Memproduksi Xpander – Belum lama ini, berita terbaru muncul bahwa Mitsubishi Motors Corporation (MMC) telah mengkonfirmasi bahwa MPV andalannya, yaitu Xapdner pasti dapat diproduksi di Vietnam pada tahun 2020. Upaya ini tentu tidak dapat dipisahkan dari keberhasilan penjualan Xpander selama tahun fiskal 2018 di Vietnam.

Bukan tanpa alasan juga mengingat bahwa sejak pertama kali bergulir di Vietnam pada Oktober 2019, Mitsubishi Vietnam sendiri mengklaim telah menjual Xpander buatan Indonesia dengan total penjualan mencapai 14 ribu unit pada 2018. Melihat besarnya angka itu, tentu saja minat konsumen pada negara Tingkat mobil ini sangat tinggi.

Sementara itu di sisi lain, Osamu Masuko sendiri, dalam hal ini selaku Ketua MMC juga menjelaskan bahwa ini tentunya akan menjadi tantangan baru yang akan terus bertambah. Apalagi dengan upaya memproduksi Xpander di Vietnam.

"Kami akan mengusahakan upaya baru ini di Vietnam, yang memproduksi mobil berkualitas tinggi dan memuaskan lebih banyak pelanggan di Vietnam," katanya dengan jelas seperti dikutip dari situs resmi MMC, Senin (7/10/2019).

Di sisi lain, kegiatan ekspor Xpander yang dilakukan oleh PT MMKSI ke Vietnam juga telah tercatat hingga saat ini bahwa setidaknya ada 8 ribu lebih unit yang dikirim ke negara tersebut pada periode Januari-Juli pada tahun 2019.

"Perkembangan ekspor Mitsubishi ke Vietnam sangat bagus tahun ini, bahkan mengalahkan Toyota (5.272 unit pada periode yang sama)," kata Putu Juli Ardika, Direktur Industri Kelautan, Transportasi, dan Peralatan Pertahanan Direktorat Jenderal ILMATE di Kementerian Perindustrian, beberapa waktu lalu.

Namun, hanya saja konsekuensinya adalah bahwa dengan produksi Xpander di Vietnam, PT MMKSI secara otomatis tidak lagi dapat mengekspor mobil ini.