Suzuki Klaim XL7 dan Ertiga Bukan Kanibalisasi

Penjualan XL7 dan Ertiga diklaim berjalan sesuai target

Suzuki Think XL7 dan Ertiga Mutual "Killing" – Secara resmi hadir di pasar otomotif Indonesia, kehadiran Suzuki XL7 memang dianggap mendapat respon positif dari masyarakat. Bahkan, penjualan mobil yang merupakan hasil pengembangan Ertiga diketahui telah terjual hingga ribuan unit.

Bukan hanya rumor, tetapi data yang mengatakan bahwa penjualan Suzuki XL7 dilaporkan telah terjual 2.200 unit dari Februari hingga Maret 2020. Angka penjualan tersebut diklaim telah melampaui target yang awalnya ditargetkan 2.000 unit dalam satu bulan.

Hanya saja, tidak sedikit publik otomotif nasional khawatir bahwa XL7 ini akan "membunuh" pangsa pasar Suzuki Ertiga. Apakah itu benar?

Terkait masalah ini, dalam hal ini Harld Donel yang menjabat sebagai Kepala Pengembangan Produk & Riset Pemasaran PT SIS juga menanggapi dengan penjelasan bahwa antara Ertiga dan XL7, keduanya memiliki karakter konsumen yang berbeda.

"Tidak ada tren dalam pergerakan konsumen Eritrea ke XL7. Semua model berjalan sesuai dengan target yang disurvei Suzuki sebelumnya," Harold menjelaskan saat diskusi di acara Virtual Chat First (Ngovid), yang diadakan oleh Forum Jurnalis Otomotif. (Forwot), baru-baru ini pada bulan Juni 2020.

Terlepas dari itu, penjualan Suzuki XL7, yang dianggap positif, tentu menjadi sukses bagi PT SIS. Apalagi di tengah kondisi pasar nasional yang saat ini kurang menguntungkan akibat pandemi Corona.

Selain itu, khusus untuk wilayah DKI Jakarta, pihaknya juga telah menerapkan status Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) yang dimaksudkan untuk memutus rantai distribusi Corona Covid-19 pada Jumat (10 April 2020). Tentu saja, dengan melakukan itu, secara tidak langsung peluang bagi konsumen untuk datang ke dealer akan semakin kecil.

Namun, tampaknya hal itu dapat diantisipasi dengan menyarankan konsumen untuk melakukan pembelian melalui online. Dan, cukup jelas bahwa penjualan Suzuki XL7 masih dianggap aman meskipun beberapa produk atau model lain telah mengalami penurunan penjualan yang signifikan.