Skutik Berjaya, Motor Bebek Kian Tergerus

Pasar Skutik Kalahkan Dominasi Motor Bebek – Upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan perkembangan industri otomotif, khususnya di segmen kendaraan roda dua memang tengah menjadi wacana besar. Tentu, hal tersebut memicu beberapa pelaku industri sepeda motor yang tergabung dalam Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) pun terpancing untuk mendongkrak penjualannya dengan berbagai inovasi yang sesuai dengan trend yang digandrungi di masyarakat.

Bahkan, optimisme para pelaku industri kendaraan roda dua tersebut telah menargetkan penjualan roda dua harus bisa mencapai 6,2 juta unit. Tentu, hal tersebut adalah sebuah tantangan yang cukup memancing adrenalin para produsen motor di Indonesia.

Sementara itu di sisi lain, mendasarkan atas paparan yang diucapkan oleh Ketua Umum AISI periode 2017 – 2020, Johannes Loman, patut diakui bahwa hingga saat ini dari total penjualan sepeda motor, segmen skuter matik di Indonesia mencapai 82 persen. Artinya, penjualan skutik di Tanah Air berada di atas dominasi motor bebek.

“8-9 persennya itu bebek, dan sisanya sport. Memang yang menyukai sport ada bebek juga ada. Cuma saat ini yang sangat besar skuter,” ungkap Johannes saat ditemui di acara Indonesia Motorcycle Show 2018 di JCC, Senayan, Jakarta pada Kamis (1/11/2018).

Tak sampai di situ saja, bahkan Johannes pun juga turut mengatakan bahwa alasan skutik menjadi favorit masyarakat tak lain karena desain yang modis, praktis, dan dapat dikendarai pria maupun wanita.

Bahkan, ia pun juga mengakui dan tak menampik, jika dari semua kelas skutik, ada pasar yang paling banyak diminati konsumen, yaitu skutik bongsor bergaya matik.

“Karena konsumen mungkin mulai senang skuter premium karena macho,” ujar Johannes.

Akan tetapi, sangat disayangkan untuk saat ini belum diketahui secara pasti berapa jumlah persentase peningkatan skutik di Tanah Air.

Seperti dalam sembutan acara IMOS 2018, Johannes menyatakan, sejak Januari-September 2018 penjualan sepeda motor secara domestik naik 8,8 persen jika dibandingkan periode yang sama di 2017.

Dengan melihat fakta tersebut, pastinya pasar skutik, kususnya skuter matik premium menjadi salah satu produk yang punya masa depan dengan potensi pasar yang memikat. So, tak heran jika saat ini dominasi penjualan skutik mampu menggeser motor bebek yang pernah berjaya di awal tahun 200-an lalu.