Mengenal Apa Itu Toe di Roda Mobil Dan Kenali Fungsinya

Sudut toe adalah sudut yang diperoleh dari selisih jarak yang diukur antara roda depan dan belakang jika dilihat dari atas kendaraan. Ini diperlukan untuk memastikan bahwa setiap ban depan benar-benar sejajar satu sama lain. Jika sudut pelurusan roda tidak dalam batas yang diizinkan, maka handling mobil akan terasa tidak stabil. Salah satu sudut keselarasan roda yang paling penting adalah sudut kaki.

Toe angle adalah posisi kesejajaran roda dibandingkan dengan garis horizontal jika dilihat dari atas mobil. Toe angle yang bermasalah akan menyebabkan setir terasa ditarik ke kiri atau ke kanan.

Ada dua jenis sudut toe, yaitu toe-in dan toe-out.

Toe-in adalah kondisi di mana bagian depan roda tampak bengkok ke dalam. Jika sudut ini berlebihan, putaran roda akan terseret ke luar dan mobil akan menjadi terlalu sensitif terhadap putaran kemudi.

Sedangkan toe-out adalah posisi roda depan sedikit terbuka ke arah luar. Jika sudut toe-out terlalu besar, putaran roda akan menyeret bagian dalam dan roda kemudi akan menjadi kurang responsif.

Fungsi Jari Kaki

Pada saat kendaraan berjalan lurus, reaksi rolling camber positif menyebabkan roda menggelinding ke luar oleh steering linkage, roda dipaksa bergerak lurus searah dengan arah kendaraan.

Akibatnya, roda berguling dengan ban bergesekan dengan permukaan jalan. Reaksi toe-in menyebabkan roda menggelinding ke dalam, sehingga efek rolling camber ke luar dapat diatasi sehingga roda dapat menggelinding lurus tanpa ban bergesekan dengan permukaan jalan, sehingga:
– Menghemat ban / keausan ban secara merata.
– Kemudi stabil / tidak ada getaran.