KTM Berambisi Akuisi Ducati, Benarkah?

Demi Saingi Honda dan Yamaha, KTM Ambil Alih Ducati – Belum lama ini terdengar kabar bahwa CEO KTM, Stefan Pierer, berupaya untuk menjadikan brand yang berasal dari Austria ini untuk menjadi salah satu yang terbesar, setelah Honda dan Yamaha. Nah, guna menunjang strategi tersebut, dilaporkan bahwa pihak KTM akan segera mengambil alih Ducati. Hal ini diklaim menjadi cara yang cukup masuk akal untuk dilakukan.

Sementara itu di satu sisi, apabila menilik kabar yang dikutip dari Bikesrepublic pada Sabtu (22/12/2018), upaya yang terbilang nekat untuk berencana mengakuisisi Ducati tampaknya juga bukan sekedar kabar hoax semata. Bukan tanpa alasan mengingat KTM dinilai memiliki pertumbuhan yang bagus. Tak hanya itu, bahkan dikabarkan juga bahwa Husqvarna, merek asal Swedia, tengah berkembang di bawah kendali Pierer selama beberapa tahun ke belakang.

Tak sampai di situ saja, bahkan Pierer juga bisa melihat bentuk kerjasama yang mungkin dilakukan oleh KTM dan Ducati.

“Zaman sekarang, mesin dan sasis dibuat hampir identik, baik untuk KTM dan Husqvarna, tapi di dalam kami tak bekerja secara berlawanan,” ungkap Pierer.

Memang, jika menelisik kabar berita ini, bukan hal yang aneh jika merek berbeda berada di bawah satu grup, dan berbagi platform. Pasalnya, strategi ini dinilai sangat efektif sekaligus dipercaya bakal meningkatkan jumlah pelanggan, atau memperbesar pasar dari KTM dan Ducati.

Sebagaimana dengan industri di segmen kendaraan roda empat, agaknya strategi ini sudah digunakan di industri roda empat, dengan aliansi Renault – Nissan – Mitsubishi. Akan tetapi, hanya saja para pelanggan pastinya memiliki kecemasan penggabungan tersebut. Menyatukan KTM dan Ducati, dengan line-up yang selama ini berbeda, merupakan tantangan tersendiri yang harus benar-benar direncanakan dengan matang.

Nah, jika penggabungan KTM-Ducati ini memang benar-benar terjadi, maka akan jadi salah satu hal yang menarik melihat KTM dan Ducati mengisi kekurangan di line-up masing-masing dengan saling melengkapi. Bisa juga, pengembangan teknologi atau produk, hingga merambah dunia balap motor, seperti MotoGP yang memang pabrikan asal Italia ini sudah memiliki nama yang cukup besar.