Jarang Ganti Oli? Siap-siap terkena 5 Penyakit Ini ya!

Oli merupakan sesuatu yang sangat penting untuk perawatan mesin mobil. Jika si pemilik mobil cuek saja dan enggan mengeluarkan uang untuk membeli mobil kesayangannya… hmm, siap-siap saja! Berbagai masalah akan terus melanda dan Anda akan menghabiskan lebih banyak uang! Untuk mengetahui masalah apa saja yang mungkin timbul karena tidak pernah mengganti oli, inilah James, satu per satu! Dengarkan ya!

1. Performa Mesin Turun Secara Drastis

Masalah ini akan ditandai dengan performa yang kurang optimal saat berkendara di jalan raya dan suara mesin akan terdengar kasar. Parahnya lagi, mesin tidak bisa bekerja lagi dan akibatnya saat anda sedang jalan-jalan tiba-tiba mobil anda mogok. Kalau sudah begini, akan lebih sulit mengembalikan performa mesin mobil Anda ke normal. Bisa jadi buruk jika performa mesin menurun, sebaiknya cepat ganti oli secara rutin. Entah berdasarkan jarak tempuh atau frekuensi waktu, yang terpenting jangan sampai terlewat. Pasalnya, jika oli Anda tidak diganti secara rutin, performa mesin mobil akan jauh berkurang!

2. Mesin Akan Menjadi Terlalu Panas

Anda pasti tahu bahwa salah satu fungsi oli adalah mendinginkan mesin saat sedang bekerja. Nah guys, kalian juga tahu kalau masalah mesin overheating atau overheat gampang banget diatasi. Tapi ya! Lain cerita kalau oli mesin yang Anda pakai malas menggantinya secara rutin. Pasalnya, kandungan minyak akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Jika mesin mobil Anda beroperasi melebihi batas suhu kerja, dapat dipastikan akan terjadi kerusakan komponen. Mulai dari gejala ketukan atau suara mesin yang tidak normal hingga akhirnya mesin mengeluarkan asap. Selamat tinggal Ambyarrr!

3. Mobil Anda Akan Boros Bahan Bakar

Tahukah anda apa fungsi oli lain selain sebagai pendingin? Ya, oli juga berfungsi sebagai pelumas agar gesekan antar komponen mesin akan lancar! Jika level oli mobil anda berkurang atau bahkan oli menjadi hitam karena sudah lama tidak diganti, tentunya fungsinya sebagai pelumas akan berkurang. Akibatnya, mesin tersebut harus bekerja terlalu keras seperti kuda dan membutuhkan banyak tenaga. Alhasil, mobil Anda boros bahan bakar!

4. Komponen mesin mobil Anda akan mengalami keausan dan menjadi rusak

Oli yang malas Anda ganti secara rutin, tidak hanya membuat performa mesin menurun, tapi juga bisa merusak komponen mesin mobil Anda, misalnya seperti silinder dan piston. Mengapa? karena saat oli menjadi encer karena malas menggantinya, komponen mesin saling bergesekan tanpa pelumasan. Jika dibiarkan terus menerus maka gesekan akan menyebabkan tergoresnya komponen. Oli yang encer juga bisa menimbulkan karat pada komponen mesin. Akibatnya mesin akan cepat aus dan akan rusak! Mobil kesayangan Anda terpaksa mengalami down mesin jika malas merawatnya. Biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan mengganti oli secara teratur!

5. Minyak yang Terkontaminasi

Sekali lagi, selama #dirumah, dampak kendaraan kesayangan Anda jarang digunakan. Tapi jangan lengah guys. Pasalnya, Anda harus mengecek kendaraan yang sudah lama terparkir di garasi, terutama di bagian oli mesin mobil Anda. Pasalnya, mobil yang sudah lama diam dalam waktu lama justru bisa menyebabkan pelumas di mesin terkontaminasi serpihan logam atau residu mesin. Kalau terus begini, sudah saatnya kamu cepat-cepat ke bengkel dan ganti oli.

Kalau mau cari oli dengan harga murah, tenang! Kiosban mempunyai promo spesial untuk anda yang ingin mengganti oli mobil anda. Kamu bisa cek promonya di sini!