Hindari Mengganti Ban Mobil Sebagian

Seiring berjalannya waktu, seiring dengan pemakaian selama perjalanan, tentunya kondisi ban mobil akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Akibatnya ban mobil akan mengalami penurunan kualitas (kebotakan) sehingga perlu dilakukan penggantian ban mobil. Beberapa telah menggantinya dengan beberapa, beberapa telah mengganti semuanya sekaligus. Jika ingin menggantinya, paman James merekomendasikan untuk mengganti keempat ban mobil Anda. Kemudian hindari mengganti ban mobil hanya sebagian.

Ban mobil adalah komponen kendaraan yang vital. Saat bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, ban mendukung pengendaraan yang nyaman serta kenyamanan. Karena itu, bila kondisinya sedang buruk, ban harus segera diganti. Saat akan melakukan ini, disarankan untuk segera mengganti semuanya. Empat ban baru harus dibeli sekaligus. Hal ini penting dilakukan karena penggantian ban mobil hanya sebagian berpotensi mengganggu kenyamanan dan keselamatan kendaraan.

Ban yang memiliki kemerataan pasti akan lebih seimbang. Performa saat bermanuver akan optimal. Jika satu atau lebih ban memiliki kemampuan yang berbeda dari yang lain, maka karakteristik traksi dapat berbeda. Alhasil, kendali mobil menjadi tidak seimbang.

Misalnya untuk mobil roda dua. Jika Anda hanya mengganti satu ban, akan muncul ketidaksesuaian ban. Ban baru dengan tapak yang bagus akan berputar lebih lambat dari pada ban lama yang menipis.

Bagaimana dampaknya? Ada kemungkinan ban mengirimkan sinyal yang salah ke kontrol traksi dan sistem pengereman antipenguncian. Ini akan berbahaya bagi sistem pengereman.

Tak hanya itu, jika ban tidak bereaksi sama karena ada satu ban yang lebih lambat atau lebih cepat saat berakselerasi, maka kemampuan manuver mobil bisa terganggu. Pengendalian mobil akan lebih sulit bila digunakan untuk mengerem, membelok, atau berakselerasi.

Karena itu, hindari mengganti sebagian ban mobil. Lebih baik sekaligus. Ini bahkan wajib untuk mobil dengan roda empat.

Pada mobil berpenggerak 4 × 4 roda, kondisi jalan penting. Sistem tersebut otomatis akan bekerja optimal pada jalan basah dan licin. Namun, jika terdapat ban dengan kondisi yang berbeda dari yang lain, maka sistem dapat salah mengidentifikasi.

Katakanlah jika Anda hanya mengganti satu ban baru. Lalu, ban akan berputar lebih lambat dari yang lain. Ini dapat membuat sistem penggerak semua roda aktif di permukaan jalan yang kering. Ujung-ujungnya, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan.

SOLUSI SEMENTARA

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengganti semua ban sekaligus. Namun, jika tidak bisa, paling tidak dua ban akan diganti.

Hal tersebut masih bisa ditolerir oleh mobil roda dua. Namun, pastikan untuk memasangnya di poros yang sama. Kemudian pasang ban baru di roda belakang.

Ban baru yang memiliki tapak lebih tebal akan mampu mengalirkan air dengan baik. Saat melewati jalan basah, air secara otomatis dibuang mundur. Jika ban belakang dalam kondisi buruk, maka risiko selip lebih besar.

Tidak hanya itu, roda belakang membutuhkan traksi yang lebih baik. Pasalnya, jika terjadi oversteer di sana, pengendalian mobil akan lebih sulit daripada di ban depan.

Namun, mengganti dua ban saja bukanlah solusi terbaik. Kalau mau pengendaraan yang aman dan nyaman sebaiknya ganti keempat ban sekaligus. Saat Anda ingin melakukan ini, pastikan merek, model, ukuran, dan pola tapaknya sama.

Perbedaan merek dan model ban akan menyebabkan perbedaan traksi dan putaran roda. Hal tersebut dapat mengakibatkan tingkat keausan yang berbeda, sehingga pengendalian mobil kurang optimal.

Jadi, hindari mengganti sebagian ban mobil. Ganti empat ban sekaligus demi keamanan dan kenyamanan kendaraan.