Harga Yamaha FreeGo Terbaru 2018 : Review & Spesifikasi

Harga Yamaha FreeGo – Pada gelaran IMOS 2018 (Indonesian Motor Show), Yamaha memperkenalkan motor baru yang diberi nama “YAMAHA FREEGO”. Motor ini mengusung mesin berkapasitas 125cc yang sebelumnya telah dipakai oleh beberapa motor Yamaha, seperti Fino, Mio Z, dan Mio S. Walaupun mesinnya sama, namun fitur Yamaha FreeGo lebih canggih. Tersedia banyak sekali fitur yang membuatnya bisa bersaing melawan Honda Vario 125 yang sama-sama bersaing di kelas 125cc.

Yamaha memang memiliki banyak sekali motor bermesin 125, akan tetapi hingga saat ini belum ada yang bisa menandingi Vario 125. Oleh karena itulah mereka meluncurkan FreeGo yang diklaim sebagai “THE AMAZING MATIC” atau bisa dikatakan sebagai motor matic yang luar biasa. Fitur-fitur yang dimiliki motor ini memang luar biasa, jadi wajar apabila Yamaha menggunakan tagline tersebut. Nah untuk melihat apa saja fiturnya, silahkan simak informasi otomaniac.com berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Yamaha FreeGo 

Desain & Dimensi

Diawali dari segi desain, Yamaha FreeGo menawarkan desain stylish dengan bentuk body yang elegan dan berkesan sporty. Tampilan luarnya terlihat cukup unik, karena memakai ban ring 12 yang sebelumnya hanya dimiliki Yamaha Filano. Bisa dikatakan Yamaha FreeGo menjadi motor pertama dari Indonesia yang memakai ban serta velg ring 12, karena Yamaha Filano merupakan motor build-up dari Thailand.

Pemakaian velg ring 12 membuat ban Yamaha FreeGo terlihat lebih gambot. Selain itu, Yamaha juga melengkapinya dengan headlamp LED yang memiliki bahasa desain mirip Yamaha Soul GT. Bedanya motor ini memiliki body lebih ramping dengan dimensi panjang 1.905 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.100 mm. Sedangkan untuk bobotnya mencapai 100 kg.

Berat Yamaha FreeGo tergolong ringan, sehingga mempermudah handling dan manuver. Kemudian untuk tinggi joknya berjarak 778 mm dan sumbu rodanya 1.275 mm. Tersedia pula pijakan kaki luas yang membuat berkendara semakin nyaman. Nah yang unik dari motor ini adalah memiliki tangki bensin yang berada di bawah stang, sehingga kita tidak perlu membuka jok saat mengisi bahan bakar.

Fitur

Fitur Lengkap & Canggih

Penempatan tangki bensin di depan menjadikan ruang bagasi semakin luas. Terbukti bagasi Yamaha FreeGo bisa menampung hem full face standar dan barang bawaan lainnya dengan kapasitas total 25 Liter. Bagasinya juga lebih luas dibandingkan milik Yamaha Nmax. Selain itu, tersedia pula hook dibagian depan yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh kantong keresek maupun barang bawaan lainnya.

Tak hanya itu saja kelebihannya, Yamaha FreeGo juga memiliki speedometer full digital lengkap dengan Multi Information Display (MID). Lalu ada pula fitur Electric Power Socket yang bisa digunakan untuk mengisi daya gadget pengendara Yamaha FreeGo. Motor ini memang memiliki banyak sekali fitur menarik yang akan memanjakan penggunanya. Lalu bagaimana dengan jantung pacunya ?

Performa Mesin

Spesifikasi Mesin 125cc

Yamaha mempercayakan mesin SOHC berkapasitas 125cc sebagai jantung pacu Yamaha FreeGo. Mesin tersebut dilengkapi sistem pendingin udara sistem pembakaran Fuel Injection. Teknologi Blue Core juga dimilikinya dan ditambah dengan SMG (Smart Motor Generator) yang menjadikan suara mesih lebih halus ketika dinyalakan serta meningkatkan efiensi bahan bakar.

Konsumsi bahan bakar Yamaha FreeGo memang sangat irit berkat teknologi Blue Core serta sistem pembakaran Fuel Injection. Sayangnya pada tipe ini belum dilengkapi fitur Stop & Start System yang notabennya sangat dibutuhkan untuk menghemat bahan bakar saat motor berhenti sejenak. Apabila menginginkan fitur tersebut, sobat harus membeli Yamaha FreeGo S Version yang notabennya lebih mahal.

Apapun tipe yang sobat beli, motor ini hanya bisa mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 7 kW pada putaran 8.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 9.5 Nm pada 5.500 rpm. Tenaga dan torsinya memang standar, namun sudah lebih dari cukup untuk berakselerasi secara responsif dan nyaman. Lagi pula motor ini tidak mengedepankan kecepatan, melainkan kehematan bahan bakar.

Kaki-Kaki

Suspensi & Kaki-Kaki

Yah, motor ini tersedia dalam 2 tipe berbeda, yakni tipe Standar dan S Version. Harga Yamaha FreeGo tipe standar tentu lebih murah, karena fiturnya lebih sedikit. Nah salah satu fitur yang sangat disayangkan tidak dimiliki tipe standar adalah Smart Key System atau sistem penguncian Keyless. Motor ini juga belum dilengkapi teknologi ABS, karena hanya tersedia pada tipe S Version.

Tidak adanya teknologi Smart Key System, ABS, serta Stop & Start System membuat harga Yamaha FreeGo tipe standar menjadi lebih murah. Masbro hanya perlu mengeluarkan uang 18 Jutaan apabila tertarik membelinya. Dengan uang sebesar itu, kita akan mendapatkan motor matic yang dilengkapi ban tubeless dengan ukuran 100/90 – 12M/C 59J (depan) dan 110/90-12M/C 64L (belakang).

Kemudian untuk bagian suspensi telah tersedia suspensi depan Teleskopik dan suspensi belakang Monoshock dengan Unit Swing. Sayangnya untuk bagian belakang belum menggunakan shock tabung. Padahal suspensi tersebut akan membuat tampilan Yamaha FreeGo semakin keren dan menjadikannya semakin nyaman dikendarai. Lalu berapakah sebenarnya harga Yamaha FreeGo ?

Spesifikasi Yamaha FreeGo

Spesifikasi Yamaha FreeGo

MesinTipeAir Cooled 4-Stroke,SOHCKapasitas125 ccDiameter Langkah52,4 x 57,9 mmRasio Kompresi9,5 : 1Power Max7,0 kW / 8000 rpmTorsi Max9,5 Nm/ 5500 rpmTipe KoplingSingle dry clutchSistem Bahan BakarFuel InjectionStarterElectric & Kick StarterTransmsiFull AutomaticBodiP x L x T1905 x 690 x 1100 (mm)Berat Isi100 kgTinggi Tempat Duduk778  mmKapasitas Bagasi25 LiterJarak Sumbu Roda1275 mmKapasitas tangki4.2 LiterRangka dan Kaki-KakiRangkaUnderboneSuspensi depanTelescopic ForkSuspensi belakangUnit Swing + MonoshockUkuran VelgRing 12 InchBan Depan100/90 – 12M/C 59J – TubelessBan Belakang110/90-12M/C 64L – TubelessRem DepanCakram HidrolikRem BelakangTromol

Soal harga tak perlu khawatir, karena harga Yamaha FreeGo tergolong terjangkau dan bisa bersaing melawan motor matic sekelasnya. Spesifikasinya juga terbukti mumpuni dan dipadukan dengan desain keren yang membuatnya layak disebut sebagai motor matic 125cc terbaik. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui harga Yamaha FreeGo terbaru, silahkan simak tabel di bawah ini.

Harga Yamaha FreeGo

Daftar Harga Yamaha FreeGo Terbaru

Harga Yamaha FreeGo StandarRp. 18.500.000Harga Yamaha FreeGo S Version Non-ABSRp. 19.700.000Harga Yamaha FreeGo S Version ABSRp. 22.500.000Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Yamaha

Apabila di total, maka ada 3 tipe Yamaha FreeGo yang dipasarkan di Indonesia. Untuk tipe termurah adalah tipe standar dengan harga Rp. 18.5 Juta. Lalu ada pula tipe S-Version yang masih terbagi lagi dalam varian ABS serta Non-ABS. Harga Yamaha FreeGo S Version tentu lebih mahal, yakni mencapai Rp. 19.7 Juta untuk varian Non-ABS dan Rp. 22.5 Juta untuk varian ABS.

Harga Yamaha FreeGo ABS memang cukup mahal. Namun harganya sebanding dengan teknologi yang dimilikinya. Pasalnya teknologi ABS (Anti-Lock Breaking System) akan mengoptimalkan kontrol pengereman dan bisa mencegah roda terkunci saat mengerem mendadak. Varian ini juga dilengkapi fitur Smart Key System (keyless) yang terintegrasi pada Immoblizer dan Answer Back System.

Soal warna juga berbeda. Dimana untuk tipe S Version tersedia dalam warna Matte Red serta Matte Grey. Sedangkan untuk tipe standar memiliki empat pilihan warna yang terdiri dari Matte Blac, Mettalic Red, Mettalic Blue, dan Mettalic White. Semua warnanya dibuat polos dan dilengkapi emblem 3D bertuliskan “FreeGo” untuk menambah kesan elegan dan mewah.

Hadirnya Yamaha FreeGo patut diaprisiasi tinggi. Yamaha berhasil meluncurkan motor matic 125cc yang kaya fitur serta irit dan nyaman dikendarai. Motor ini bisa menjadi alternatif selain Honda Vario 125 yang dari segi harga lebih mahal dari harga Yamaha FreeGo. Nah demikianlah informasi otomaniac mengenai spesifikasi dan harga Yamaha FreeGo. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi. “Salam Otomotif”

loading…