Auto2000 Tak Menerima Service Mobil Daihatsu

Walau Bersaudara, Auto2000 Tolak Service Mobil Daihatsu – Toyota dan Daihatsu memang dua brand yang dianggap bersaudara. Bahkan, kolaborasi di antara keduanya memunculkan berbagai macam variasi produk kembar dengan jumlah yang terbilang tak sedikit di Indonesia. Sebut saja, mulai dari Avanza-Xenia, Agya-Ayla, Calya-Sigra, sampai Rush dan Terios yang mana kesemua produk tersebut juga bermain di segmentasi pasar yang berbeda.

Hanya saja, yang menjadi pertanyaan adalah apakah dengan banyak produk kembaran yang notabenya secara suku cadang utama juga sama, kedua pabrikan tersebut boleh saling menggunakan fasilitas bengkel resmi? Contoh seperti Xenia atau Terios yang melakukan servis berkala atau perbaikan di bengkel Auto2000 yang notabene berada di bawah payung Toyota.

Nah, merespon hal tersebut dalam hal ini Senior Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya pun angkat bicara. Ia mengungkapkan secara detail bahwa pada dasarnya mengenai perawatan atau perbaikan mobil antara Toyota dan Daihatsu masing-masing sudah memiliki bengkel resmi sendiri.

“Secara payung berada di bawah PT Astra Internasional, dimana ada Toyota Sales Operation dan Daihatsu Sales Operation, tapi soal principal berbeda meski Daihatsu ownership by Toyota. Jadi meski produknya kolaborasi, suku cadang sama, tapi servis kita berbeda,” kata Ricky kepada wartawan di Singosari, Malang pada Kamis (22/3/2019).

Tak sampai di situ saja, bahkan Ricky pun juga turut menegaskan bila bengkel resmi Auto2000 merupakan diler eksklusif Toyota. Tak hanya itu, bahkan secara tingkat kemampuan mekanik pun sudah mendapat sertifikasi resmi Toyota Internasional.

Tentu saja, dengan hal tersebut maka secara pengerjaan unit yang dilakukan tidak menerima merek lain. Termasuk di antaranya untuk Daihatsu yang secara tak langsung merupakan “saudara” sendiri.

“Di Astra Internasional ada Astra World, ini bisa dimanfaatkan untuk membantu pemilik kendaraan dalam kondisi emergency. Contoh seperti emergency road assistance (ERA) yang dilengkapi mobil gendong, di Astra World juga ada mekanik yang bisa handle Toyota dan Daihatsu, jadi kalau darurat bisa menggunakan layanan Astra World yang dinaungi Astra Internasional,” ujar Ricky.