6 Cara Membersihkan Karat Pada Knalpot Yang Murah

Iklan

Cara Membersihkan Karat Pada Knalpot Motor – Knalpot motor merupakan salah satu bagian dari motor yang memiliki fungsi yang sangat penting. Bisa dibayangkan jika knalpot sepeda motor rusak tentunya mengendarai sepeda motor menjadi tidak nyaman bahkan berbahaya.

Tidak jarang kita menemukan karat pada knalpot sepeda motor terutama untuk sepeda motor yang menggunakan velg spoke. Hal ini biasanya terjadi karena knalpot terkena genangan air dan pengguna tidak segera membersihkannya.

Karat yang muncul pada roda sepeda motor dan bagian-bagian sepeda motor lainnya tentunya akan berdampak buruk. Hal ini dapat menyebabkan kebocoran yang mengakibatkan banyak hal, oleh karena itu jika muncul karat pada roda harus segera dibersihkan.

Ada beberapa cara yang diyakini OTOMANIAC sebagai salah satu cara paling efektif untuk membersihkan karat pada roda sepeda motor. Beberapa cara membersihkan karat pada knalpot ini nantinya bisa sobat terapkan pada ulasan berikut ini.

1. Menggunakan Oli Bekas

Cara termudah untuk membersihkan karat pada knalpot adalah dengan menggunakan oli bekas. Oli bekas sebenarnya cukup efektif menghilangkan karat pada knalpot sepeda motor. Oleh karena itu, saat mengganti oli motor, diharapkan oli bekas tidak langsung dibuang.

Untuk cara membersihkannya sendiri, disarankan untuk memanaskan motor terlebih dahulu hingga knalpot panas. Selanjutnya siram knalpot dengan oli lalu gunakan sikat untuk menyikat bagian yang berkarat. Nantinya karat pada knalpot akan otomatis terkelupas dengan sendirinya.

2. Krim Pembersih Karat

Langkah selanjutnya untuk membersihkan karat pada knalpot sepeda motor adalah dengan menggunakan krim pembersih karat. Dimana cara yang satu ini merupakan cara yang cukup efektif untuk menghilangkan karat pada knalpot dan part lainnya.

Pelumas anti karat bisa Anda temukan di berbagai tempat, termasuk di toko online yang menawarkan pembersih anti karat. Cara pemakaiannya sendiri cukup mudah, cukup oleskan dan gosokkan sedikit pada bagian yang berkarat, otomatis karat tersebut akan hilang dengan sendirinya.

3. Cairan Pembersih Keramik

Cara selanjutnya juga terbilang murah karena pengguna bisa menggunakan cairan pembersih keramik untuk menghilangkan karat knalpot. Cairan pembersih keramik sendiri memiliki sifat yang kuat sehingga mampu melelehkan karat dengan baik.

Oleskan cairan pembersih keramik yang sudah tercampur air pada bagian knalpot yang berkarat. Diamkan beberapa saat sampai karatnya hilang lalu jangan lupa bilas dengan air bersih jika perlu gunakan kain untuk membilasnya.

4. Minuman Bersoda

Tak terbayangkan minuman bersoda bisa menghilangkan karat pada knalpot motor. Salah satunya Coca-Cola yang ternyata bisa menghilangkan karat pada knalpot sepeda motor.

Untuk cara pemakaiannya sendiri juga cukup mudah, kamu hanya perlu menuangkan knalpot berkarat dengan coca-cola. Kemudian setelah beberapa menit karat pasti akan hilang setelah tahap ini selesai, jangan lupa untuk membilas kembali knalpot dengan air bersih.

5. Pasta gigi

Untuk membersihkan karat pada knalpot motor selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Kandungan moment pada pasta gigi membuatnya memiliki kemampuan untuk menghilangkan karat pada bagian knalpot yang berkarat.

Untuk cara pemakaiannya sendiri hampir sama dengan cara lainnya dimana anda bisa mengoleskan pasta gigi terlebih dahulu pada bagian yang berkarat. Setelah didiamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat, karat akan otomatis terangkat, untuk hasil yang maksimal silahkan gunakan kain bersih.

6. Gemuk

Minyak gemuk dipercaya mampu menghilangkan korosi dan mengatasi karat dengan baik. Anda yang ingin menghilangkan karat pada sepeda motor juga perlu menggunakan cara ini untuk menghindari korosi yang lebih parah.

Banyak pilihan grease yang bisa digunakan, pilih saja yang murah, karena mahal atau murah jika digunakan untuk mengatasi karat akan sama saja. Oleskan minyak pada bagian yang berkarat sambil digosok dengan kain bersih lalu siram kembali dengan air pada bagian yang berkarat. Pada bagian terakhir, silakan gunakan kain bersih untuk membersihkan knalpot agar minyak benar-benar hilang.

Itulah sedikit informasi tentang cara menghilangkan karat pada knalpot yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi serupa. Simak informasi menarik lainnya setiap hari di OTOMANIAC.