3 Cara Mudah Merawat Mobil Mesin Turbo

Seperti yang sudah kita ketahui, mesin turbo memiliki keunggulan mampu memberikan performa mesin yang tangguh, namun tetap mengutamakan efisiensi bahan bakar. Perawatan mobil dengan mesin turbo sendiri sangat berbeda dengan perawatan mobil dengan mesin non-turbo. Ya, perlu Anda ketahui bahwa perawatan mesin turbo ini sebenarnya cukup mudah, bahkan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Perlu Anda ketahui, jika sistem kerja mesin turbo memang memanfaatkan aliran udara dari gas buang mesin kendaraan untuk memutar bilah turbin. Untuk menghasilkan udara terkompresi dalam volume besar. Selanjutnya udara dari turbo kemudian didinginkan melalui intercooler sebelum akhirnya masuk kembali ke mesin.

Hal ini tentunya dapat membantu proses pembakaran menjadi lebih optimal. Hasilnya bisa meningkatkan performa saat dikendarai di jalan raya, namun mobil juga akan tetap irit bahan bakar. Nah bagi anda pengguna mobil bermesin turbo, ada beberapa cara mudah merawat mobil bermesin turbo, agar performa mobil anda menjadi lebih tangguh namun tetap irit bahan bakar. Berikut informasinya.

1. Periksa dan Ganti Oli Mesin Secara Teratur

Cara merawat mobil dengan mesin turbo yang pertama adalah dengan selalu mengecek dan mengganti oli mesin secara berkala. Ya, oli mesin sangat penting karena memiliki fungsi yang sangat vital yaitu untuk melindungi mesin dari keausan akibat gesekan antar komponen mesin. Selain itu menjaga suhu mesin mobil agar tidak cepat panas, dan membersihkan sejumlah kerak yang ada.

Sementara itu, Anda juga bisa mengecek volume dan kualitas oli mesin melalui dipstick yang biasanya ada di mesin. Dan jika volume oli sudah berkurang atau kondisi keruh, maka anda bisa datang ke bengkel resmi untuk mengganti oli mesin mobil anda. Dengan melakukan perawatan rutin dan mengganti oli di bengkel resmi, Anda akan mendapatkan jaminan spesifikasi oli yang direkomendasikan pabrikan dan pemeriksaan menyeluruh yang akurat terhadap kendaraan.

2. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Untuk cara perawatan yang kedua adalah dengan menggunakan bahan bakar yang tepat. Ya, perawatan paling sederhana ini dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan bahan bakar yang tepat yang telah direkomendasikan oleh pabrikan. Dan kendaraan dengan mesin turbo membutuhkan bensin dengan RON minimal 92.

Penggunaan bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrikan akan membantu sistem pembakaran menjadi lebih sempurna. Khususnya untuk mobil dengan mesin turbo yang diharuskan menggunakan bahan bakar berkualitas. Sehingga performa mesin mobil akan meningkat dan lebih hemat bahan bakar.

3. Bersihkan Filter Udara Secara Teratur

Selanjutnya, kunci dari proses kerja turbo adalah udara yang masuk ke turbin. Sehingga pemilik kendaraan harus rutin membersihkan filter udara. Jika filter udara kotor, fungsi turbo tidak akan maksimal. Maka kami sarankan kepada anda para pengguna mobil turbo agar lebih rutin dalam memberikan filter udara pada mobil anda, agar performa mesin turbo pada mobil anda menjadi lebih maksimal.

Itulah 3 langkah yang sangat perlu Anda perhatikan untuk perawatan mobil dengan mesin turbo. Selain memiliki cara perawatan yang mudah, mobil bermesin turbo ini juga memiliki performa yang tangguh namun tetap irit bahan bakar. Hal inilah yang membuat banyak orang lebih memilih mobil dengan mesin turbo untuk kendaraan pribadi atau kendaraan lainnya.

Nah semoga informasi diatas bisa bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa baca terus untuk informasi selanjutnya tentang Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret & Alfamart.