PSBB Kembali Diperketat Mobil Jadi Jarang Digunakan, Berikut Komponen Yang Harus diperhatikan Agar Mobil Tetap Sehat!

Pada awal 2021, pemerintah akan memberlakukan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) yang kembali diperketat. Keputusan ini diambil karena semakin banyaknya kasus Covid-19 yang terjadi di wilayah Jakarta. Alhasil, kegiatan seperti bekerja, sekolah, dll kembali ditegakkan dilakukan dari rumah atau Bekerja Dari Rumah (WFH). Dengan berlakunya aturan ini tentunya akan berdampak pada Anda untuk lebih sering memarkir mobil di rumah dalam jangka waktu yang lama. Meski begitu, Anda tetap perlu perawatan agar kondisi mobil kesayangan Anda selalu terlihat optimal saat dibutuhkan.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa mobil tidak akan rusak jika tidak digunakan dalam waktu lama. Karena mobil tersebut hanya duduk di garasi dan tidak sedang digunakan. Nah, anggapan ini sebenarnya keliru, karena mobil yang sudah berminggu-minggu diam bisa menimbulkan ancaman baru bagi komponen penting mobil, karena tidak dibarengi dengan pemeriksaan dan perawatan rutin seperti saat mobil masih sering dikendarai. Mobil yang dibiarkan menganggur akan berdampak pada beberapa risiko kerusakan komponen penting mobil. Mobil yang jarang digunakan belum tentu bebas dari masalah. Supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, yuk intip beberapa komponen mobil yang paling mungkin rusak biar tahu cara mencegahnya selama mobil lebih sering menjadi penghuni bengkel.

1. Kerusakan Komponen Listrik

Akibat terlalu lama menyendiri di garasi, akibatnya akan berpotensi rusaknya komponen kelistrikan, tepatnya pada komponen aki. Ini akan muncul saat Anda pertama kali menyalakan mobil yang sudah lama tidak digunakan. Mobil akan sulit dihidupkan karena penurunan daya listrik dengan sendirinya. Penurunan daya listrik ini memiliki kondisi yang berbeda-beda bergantung pada usia dan kualitas baterai, semakin tua baterai, semakin mudah kehilangan daya penyimpanan daya. Agar aki tetap dalam kondisi baik, nyalakan mesin setiap hari tanpa perlu menyalakan sistem kelistrikan lain selama kurang lebih 10-15 menit. Solusinya Anda bisa menjalankan mobil, misalnya berjalan-jalan sebentar di sekitar rumah Anda.

2. Kerusakan interior dan eksterior

Lokasi parkir memegang peranan yang sangat penting ketika Anda ingin menyimpan mobil dalam waktu yang lama. Biasakan Anda untuk selalu memarkir kendaraan Anda di garasi yang tertutup. Karena jika terlalu lama dan sering memarkir kendaraan di terik matahari bisa berakibat buruk bagi mobil. Selain menyebabkan eksterior jadi kusam dan cepat pudar, panas berlebih juga bisa menyebabkan interior mobil jadi rusak lho guys.

3. Mengurangi Tekanan Ban

Tekanan angin yang berkurang dan pemuatan kendaraan yang terus menerus pada permukaan ban yang sama dapat menyebabkan permukaan ban menjadi rusak. Solusinya Anda bisa membawa mobil jalan-jalan untuk mencegah berkurangnya tekanan ban.