Kapankah Kita Harus Ganti Oli ?

Pagi guys… ..kembali lagi dengan admin kiosban. Pagi ini admin akan memberikan informasi tentang, Kapan Kita Harus Mengganti Oli?

Ingin tahu ? yukks langsung

Beberapa orang berpikir bahwa "mengganti oli harus setidaknya beberapa kilometer, kalau tidak oli tidak cocok untuk diganti". Pernyataan ini dinilai admin kurang tepat. Kenapa? karena kita tidak bisa melihatnya dari satu sudut pandang saja, karena selain diukur dari kilometer, penggantian oli juga harus dilakukan jika mobil Anda mengalami gejala-gejala berikut ini:

Kualitas oli menurun

Penurunan kualitas oli tidak hanya disebabkan oleh jarak yang terlalu jauh atau jarak tempuh oli untuk melumasi mesin kendaraan. Perlu Anda ketahui bahwa setiap oli mesin mengandung zat aditif yang tidak tahan lama.

Zat-zat tersebut biasanya dicampurkan ke dalam formula khusus untuk memberikan perlindungan yang lebih baik dan optimal bagi komponen mesin, yang dapat berfungsi untuk mencegah proses korosi atau mengurangi panas berlebih.

Dikutip dari Kompas.com, Yos Sudarso Suparman, Kepala Bengkel Auto2000, mengatakan, “Meski jarang dipakai dan jumlah kilometer tidak menunjukkan ketentuan penggantian, namun bila waktunya tepat harus diganti.

Jadi walaupun mobil jarang dipakai tapi masa pakai komponen sudah habis harus diganti ”.

2. Akselerasi mesin sudah berat

Penurunan kualitas oli akan menyebabkan gesekan antar komponen mesin menjadi tinggi. Gesekan ini menyebabkan penurunan performa mesin. Saat pedal gas diinjak, akselerasinya terasa telat.

Sebagai tambahan informasi, minyak baru biasanya akan bening & transparan, lengket, licin saat dipegang bahkan ada yang berbau harum saat dicium. Sebaliknya jika dipakai terlalu lama akan berubah menjadi hitam dan keruh.

Oli yang berwarna hitam dan keruh merupakan tanda bahwa performa oli untuk melumasi mesin kendaraan semakin menipis. Itu adalah salah satu dasar untuk akselerasi mesin berat.

3. Suara mesin yang kasar

Tanda oli lama yang harus diganti selanjutnya adalah suara mesin kasar. Beberapa dari kita pasti sudah paham akan hal ini, apalagi jika kita sadar sudah lama sekali mobil tidak diganti oli.

Suara mesin yang kasar ini dapat menimbulkan suara bising yang sangat-sangat mengganggu pendengaran kita saat berada di dalam maupun di luar mobil.

4. Getaran mesin tinggi

Getaran mesin yang tinggi dapat disebabkan oleh berbagai kondisi dan situasi mobil. Namun, salah satu kondisi di mana getaran mesin yang tinggi dapat disebabkan oleh oli yang meminta penggantian.

Nah itulah informasi mengenai oli untuk hari ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Sebagai penutup jangan lupa admin mau sampaikan kalo Kiosban sekarang kebanjiran promo & buat kalian yang mau ganti ban mobil bisa langsung hubungi cs kami melalui aplikasi chat di kanan bawah pojok atau Anda dapat langsung menghubungi WhatsApp kami dengan mengklik tautan ini

Sekian dari Admin Om Kiosban, Nantikan artikel menarik lainnya. Salam Hebat !!!