Apa Arti PCD pada Velg Mobil?

Sahabat Om James pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “PCD” pada velg mobil, tahukah anda apa artinya? Om James ingin memberi tahu Anda bahwa PCD pada roda (rim) mobil merupakan salah satu bagian penting dari roda yang harus diperhatikan jika ingin mengganti roda. PCD adalah singkatan dari "Pitch Circle Diameter", dalam arti sederhana adalah jarak antara lubang baut roda pada roda mobil. Anda juga bisa menyebutnya pola baut atau pola stud. Pengukurannya dengan mengambil titik terlurus dari setiap lubang baut roda. Misalnya, 4 baut diukur antara titik-titik dan satuan milimeter.

Sekarang karena setiap mobil memiliki ukuran PCD yang berbeda, Anda harus mengetahui PCD Anda sebelum mengganti roda. PCD pada roda memiliki PCD yang berukuran 4 × 100 mm, 4 × 114,3 mm, 5 × 114,3 mm, dan 6.139,7 mm. Dari ukuran tersebut, ukuran standar untuk kebanyakan mobil adalah 100 mm maka dinamakan PCD 100. Untuk mobil MPV dan SUV ringan PCD adalah 114,3 mm, sedangkan sedan kecil dan hatchback seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, atau Chevrolet Aveo, dengan PCD 100. Jika mobil Anda berjenis Mercedes 112, BMW 120, dan SUV besar, 139.7.

Om James, bisakah PCD di roda diubah?

Om James menyarankan jika ingin mengganti pelek PCD bisa, asalkan kualitas pengerjaan dan tingkat ketelitiannya tetap terjaga. Tetapi paman James menyarankan agar Anda menggunakan PCD asli saja. Karena jika diubah biasanya berpengaruh pada faktor keamanan berkendara. Jika Anda ingin mengubahnya, ubah yang logis. Artinya, jangan melebihi diameter maksimum plat drum. Misalnya, PCD 4 × 100 dapat diubah menjadi PCD 5 × 114,3 atau 5 × 112 dan tidak dapat diubah menjadi ukuran 5 × 120 karena diameter drum kurang.

Cuma itu yang mau paman James share, jadi kalo misal teman bertanya atau misal mau beli velg baru bisa lho guys!