Apa Arti dan Kegunaan dari Ban Tipe Sport?

Kita semua tahu bahwa ban mampu mendukung performa sebuah kendaraan. Ada banyak jenis ban individu. Apalagi yang Om James ingin bahas di sini adalah penggunaan ban sport. Apa arti ban Sport? Apakah menggunakan ban sport diharapkan dapat meningkatkan kecepatan kendaraan? Namun, sebelum mengambil keputusan untuk menggunakannya, penting untuk mengetahuinya terlebih dahulu. Ban sport sendiri sering disebut sebagai ban performa. Sesuai dengan namanya, peruntukan ban jenis ini untuk menunjang performa kendaraan agar dapat bermanuver secara maksimal. Ini dimungkinkan oleh desain khusus pada ban sport.

Apa desain dan bahan ban sport?

Biasanya ban sport sendiri memiliki tapak ban yang lebih lebar dibanding jenis ban lainnya. Selain lebih lebar, tapaknya juga cenderung lebih rapat. Desain ini sengaja dibuat agar cengkeraman lebih kuat. Hal inilah yang menunjang kemampuan manuver sebuah kendaraan. Tak hanya itu, ban sport juga cenderung memiliki lubang tapak yang lebih pendek. Hal ini agar dengan lubang tapak yang lebih dangkal maka torsi ban akan bagus. Ini memungkinkan mobil berakselerasi lebih mantap dari keadaan diam. Kendaraan mampu melaju kencang. Selain itu, area samping ban jenis ini didesain khusus. Sering disebut sebagai profil rendah, desain samping ban bawah lebih padat. Hal ini agar cengkeraman ban lebih kuat dan memberikan traksi yang lebih baik saat mobil menikung. Semuanya dilengkapi dengan material khusus untuk performa ban sport yang optimal. Contohnya ban sport Dunlop Direzza DZ101. Ban ini menggunakan senyawa sport eksklusif berupa silika dan partikel karbon halus. Hal tersebut membuat karet pada ban lebih kuat, sehingga ban memiliki daya cengkeram yang baik di permukaan jalan.

Haruskah Anda Mengenakan Ban Sport?

Melihat keunggulan yang ditawarkan ban sport, tentunya banyak yang tertarik untuk menggunakannya. Namun, jangan terburu-buru. Sebab ban ini ditujukan untuk mobil sport yang memberikan performa tinggi. Karenanya, ban sport lebih cocok untuk pengendara dengan ciri-ciri khusus berikut:

Pengemudi yang membutuhkan kontrol akurat dengan grip dan respon ban yang sangat baik.
Pengemudi yang bersedia membayar ekstra untuk konsumsi bahan bakar lebih banyak, umur ban lebih pendek, harga lebih tinggi untuk membeli ban, dan berkurangnya kenyamanan berkendara untuk kinerja ban yang optimal.
Pengemudi yang tidak hanya melihat mobil sebagai alat transportasi, tetapi alat untuk memberikan pengalaman berkendara.

Jika Anda tipe pengemudi seperti itu, silakan gunakan ban sport. Ban ini sangat cocok untuk supercar dengan tenaga khusus. Perhatikan peringkat kecepatan ban untuk mengidentifikasinya. Biasanya rating kecepatan sebuah ban sport dimulai dari huruf H yang memungkinkan ban melaju hingga 210 km / jam. Meski begitu, bukan tidak mungkin ada ban sport dengan rating kecepatan lebih tinggi seperti V (240 km / jam) dan W (270 / jam).

Jika Anda tertarik untuk menggunakan ban tipe sport ini, Anda bisa langsung menghubungi CS Kiosban untuk mengecek stok dan harga ban tipe sport Anda sendiri.